equity crowdfunding

Keuntungan Investasi Melalui Equity Crowdfunding

Dunia bisnis kini memang sangat menyilaukan mata, terlebih jika banyak profil orang sukses dalam bisnis. Bagi kamu yang baru mengenal dunia bisnis dan berencana ingin berinvestasi, equity crowdfunding atau yang sering disebut sebagai urun dana bisa jadi pilihan.

Equity crowdfunding merupakan sebuah jasa pelayanan pendanaan dalam bidang pemberian modal yang dilakukan melalui internet. Dengan system ini, para pengusaha yang membutuhkan modal dan juga para investor dapat dipertemukan melalui platform Fintech Equity crowdfunding.

Sebuah sistem crowdfunding ini tenyunya telah mendapat ijin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang didasarkan pada peraturan Nomor 37/POJK.04/2018 yang memiliki inti mengenai Layanan urun dana secara online dengan penawaran saham berbasis teknologi. Pihak pemerintah juga menyetujui adanya equity crowdfunding potensi atau peluang sumbangan dana sebagai bentuk modal secara alternative, sumber dana bagi pelaku usaha rintisan atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Terdapat tiga pelaku utama yang berperan dalam sistem crowdfunding. pihak pertama yang terlibat merupakan pihak pebisnis yang berasal dari UKM yang nantinya bergabung pada system  crowdfunding Indonesia.

Sedangkan pihak kedua merupakan pihak atau platform crowdfunding yang menjadi sarana bagi bertemunya pihak investor dan juga pebisnis. Pihak ketiga merupakan pihak investor yang nantinya memantau investasi yang telah ditawarkan oleh pihak pebisnis.

Beleid OJK juga memberi penegasan bahwa pihak investor dalam bisnis terdapat 300 pihak, yang terdiri dari pihak individu atau lembaga lembaga bisnis. Bagi pengusaha yang memiliki penghasilan sekitar 500 juta pada setiap dapat membeli saham sebanyak 5% dari penghasilan pertahun yang telah didapatkan. Bagi kamu yang termasuk dalam investor yang berpenghasilan lebih dari 500 juta setiap tahunnya dapat membeli saham saham sebanyak 10% dari penghasilan setiap tahunnya.

Kemudian aturan yang selanjutnya merupakan sebuah penawaran saham yang akan dilakukan dalam jangka waktu paling lama satu tahun dengan dana yang paling banyak sekitar 10 miliar. Para pebiisnis juga dapat menyetorkan batas maksimal modal sebanyak 30 miliar rupiah.

Jadi kamu tidak perlu bingung untuk memutuskan hal yang dipilih, yaitu apakah harus berinvestasi atau tidak perlu. Apabila telah terputuskan kata sepakat, maka anda wajib menyetorkan sejumlah dana yang akan dijadikan bukti kesungguhan. Keuntungan yang didapatkan dapat berupa prosentase penyetoran dana yang telah dilakukan.

Kemudian, apa yang menjadi keuntungan lain yang nantinya akan diraih melalui investasi equity crowdfunding? Penjelasan lengkapnya dapat anda simak dalam uaraian yang akan dijelaskan di bawah ini.

  1. Investasi Mudah

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya mengenai system ini, equity crowdfunding merupakan salah satu platform berbasis teknologi informasi equity. Nah, platform ini dapat kamu akses sendiri asalkan ada smartphone dan internet. Sifat yang diberikan tentunya sangat terbuka,sehingga memberi kebebasan bagi kamu untuk menentukan pilihan berdasarkan keinginan.

Sebagaimana investasi saham lainnya, kamu wajib memilih sesuai dengan kemampuan bisnis yang dimiliki pada pilihan yang diberikan pada sistem crowdfunding. Transaksi yang praktis dan efisien menjadi salah satu alasan mengapa kamu wajib memilih platform ini.

  1. Risiko Tinggi, Peluang Besar

Jiwa investor tentunya tidak akan kendur meski mendengar kata risiko tinggi bukan? Keuntungan yang berkali kali lipat tentunya dapat dengan mudah diraih jika perusahaan yang dimiliki benar benar berkualitas dan laku dengan harga yang fantastis.

Salah satu cerita unik dari whatsapp yang telah dibeli oleh facebook merupakan salah satu contoh dari tindakan ini USD atau Moka yang baru saja diakuisisi Gojek. Jika kamu pandai memilih bisnis yang berpotensial tinggi tentunya hasil akan mudah untuk diraih.

Sebanding dengan peluang yang dibilang cukup besar, juga terdapat risiko yang cukup tinggi pula. Olehkarena itu penting bagi para investor untuk memeriksa bisnis yang akan diinveskan agar tidak jatuh pada lubang yang salah dan terhindar dari kata rugi besar.

Selain melakukan investasi yang menguntungkan melalui equity crowdfunding, kamu juga dapat berinvestasi pada reksa dana secara ajaib. Investasi yang ditawarkan ini tidak memerlukan modal yang besar, kamu juga bisa memilih sendiri bisnis yang kamu suka dan percaya dibantu oleh mitra Manajer Investasi terbaik dan berpengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *