Keuntungan dan Kekurangan Mengganti Lampu Utama Mobil dengan LED

Mengganti lampu utama mobil dengan LED tentu saja memberikan resiko tersendiri. Baik resiko yang bersifat positif maupun negatif. Berikut ini beberapa keuntungan juga kekurangan apabila Kamu memutuskan untuk mengganti lampu utama dengan lampu LED mobil.

Keuntungan

Hemat

Keuntungan pertama dari mengganti lampu utama ke LED mobil yaitu hemat. Baik hemat dari segi finansial maupun hemat daya. Seperti yang kita ketahui, bahwa umur LED lebih panjang yaitu sampai dengan 10.000 jam dengan harga beli yang murah dibandingkan harga bohlam original. Selain itu, daya yang digunakan oleh LED yaitu setengah dari daya bohlam lampu.

Warna Putih Terang Setara Matahari

Warna putih terang yang dihasilkan oleh lampu LED mobil dianggap setara dengan cahaya matahari di siang hari. Lampu LED bisa menghasilkan cahaya hingga 5.500 Kelvin dengan sorotan lampu hingga 150 meter dengan high beam sampai jangkauan 250 meter.

Pemasangan Mudah dan Tidak Ribet

Dalam memasang LED pada mobil, kamu tidak akan disulitkan dengan memodifikasi rumah lampu. Pemasangan lampu LED pada mobil bisa langsung dilakukan tanpa perlu memodifikasi rumah lampu seperti pemasangan lampu HD.

Kekurangan

Tidak ada sesuatu di dunia ini yang tidak memiliki kekurangan, begitu pula lampu LED. Berikut ini kekurangan mengganti lampu utama mobil dengan lampu LED.

  1. Bantalan karet penutup pada lampu belakang tidak bisa dipasang. Namun apabila tetap ingin memasangnya juga bisa, namun kamu harus memperbesar diameter bantalan karet.
  2. Lampu LED selalu dilengkapi dengan kipas yang berfungsi mendinginkan module. Nah, hal ini kemudian menimbulkan suara kipas sedikit terdengar jika lampu dinyalakan.
  3. Ketika berkendara dalam keadaan hujan, penerangan yang dihasilkan oleh LED tidak sebagus penerangan yang dihasilkan oleh bohlam H4 standar, dan
  4. Karena cahaya LED yang terlalu terang dan cukup menyilaukan, maka akan mengganggu pengendara dari arah lain. Hal ini disebabkan rumah lampu utama yang aslinya untuk bohlam masih berukuran besar.

Demikian keuntungan dan kekurangan mengganti lampu utama mobil dengan LED pada mobil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *