Download Materi Buku Paket Kelas 1 Fase A Kurikulum Merdeka

materi buku paket kelas 1 fase a

Materi buku paket kelas 1 Fase A merupakan sebuah perangkat mengajar yang tak terpisahkan dalam kurikulum merdeka. Selain membuat modul ajar, seorang guru profesional juga wajib memiliki acuan dalam mengajar. Biarpun materinya tidak 100% sama persis namun sebaiknya guru mengembangkan materi tersebut sesuai dengan keadaan siswa dan lingkungan sekolah.

Materi ini nantinya juga berguna untuk mencapai Profil Pelajar Pancasila dan juga Capaian Pembelajaran.  Pemahaman yang baik mengenai materi buku paket kelas 1 Fase A ini dapat juga menjadi jembatan untuk mewujudkan P5 yang berbasis lingkungan. Adapun materi buku paket dapat anda download pada link berikut ini:

Kumpulan Materi Buku Paket Kelas 1 Fase A

Setelah download materi tersebut, langkah selanjutnya yaitu memanfaatkan materi buku paket kelas 1 Fase a kurikulum merdeka untuk mencapai tujuan belajar secara maksimal. Namun, selain materi buku paket kelas 1 fase A, anda juga memerluka beberapa perangkat mengajar lainnya. Di antaranya sebagai berikut.

Perangkat mengajar kurikulum merdeka

Capaian pembelajaran

Perangkat mengajar kurikulum merdeka selain materi buku paket kelas 1 Fase A selanjutnya yaitu capaian pembelajaran. Lebih dikenal dengan istilah CP ini menjadi perhatian karena tidak semua guru di jenjang atau fase yang sama memiliki CP yang sama. Inilah nantinya yang membuat seorang guru harus berfikir menyesuaikan CP dengan materi dan juga karakteristik siswa di kelas.

Tidak hanya itu, capaian pembelajaran juga berarti sebuah ancang-ancang yang hendak guru capai dengan siswa sebagai subjeknya. Sebagai contoh, CP yang ada pada pelajaran IPAS, “Di akhir fase ini, peserta didik mengamati fenomena dan peristiwa secara sederhana dengan menggunakan panca indra dan dapat mencatat hasil pengamatannya.” kalimat tersebut dapat anda jabarkan dalam bentuk paragraf.

Alur Tujuan Pembelajaran

Selanjutnya yaitu perangkat yang berupa Alur Tujuan Pembelajaran atau (ATP). Sebuah langkah atau proses yang guru lakukan untuk mengantarkan siswa pada tujuan pembelajaran. Sebagai contoh ATP adalah “Mengidentifikasi bagian tubuh tumbuhan dan mendeskripsikan fungsinya.” Terdapat kata kerja berupa “Mengidentifikasi” dan “mendeskripsikan” yang berarti sebuah langkah untuk mencapai tujuan berupa pemahaman mengenai bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya.

Absensi

Selanjutnya yaitu absensi, yang merupakan sebuah perangkat yang berisi data kehadiran siswa. Absensi menjadi sebuah data mutakhir yang wajib ada. Mengapa demikian? Hal ini tidak lain dan tidak bukan karena absensi tidak bisa anda rekayasa karena berhubungan denga kehadiran siswa secara nyata.

Sungguh sangat tidak etis bila sebenarnya ada anak yang memiliki disiplin kehadiran yang baik namun anda dengan seenaknya memberikan keterangan berupa A atau tidak hadir tanpa keterangan yang cukup banyak. Ini nantinya akan memicu sebuah permasalahan antara anda dengan siswa.

Daftar Nilai

Selanjutnya yang juga perlu anda perhatikan keberadaannya dengan seksama ialah daftar nilai. Merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kurikulum merdeka. Nilai merupakan sebuah istilah yang mewakili hasil belajar yang siswa lakukan. Pada Kurikulum Merdeka penilaian tidak diambil dari akhir sebuah proses pembelajaran. Namun juga berasal dari proses pembelajaran selama jam belajar berlangsung.

Daftar nilai siswa pada kurikulum merdeka ini tentunya terbagi menjadi 3, yaitu asesmen diagnostik, asesmen sumatif, dan asesmen formatif. Apa saja pengertian 3 asesmen kurikulum merdeka tersebut? Ketiga bentuk penilaian tersebut akan mudah anda dapatkan tanpa lupa bila ada buku yang berisi daftar nilai.

Dari uraian di atas dapat kita ambil kesimpulan, bahwa sebuah pembelajaran yang baik akan terlaksana dengan baik pula bila perangkat pembelajarannya lengkap. Materi buku paket kelas 1 fase A, kumpulan CP, modul ajar, daftar nilai, dan beberapa perangkat lainnya saling mempengaruhi satu sama lain. Jadi sebagai seorang pendidik sebaiknya anda melengkapi semua perangkat tersebut.

Tinggalkan Balasan