8 Makanan Bernutrisi Tinggi yang Penting Untuk Otak Anak

Makanan bernutrisi tinggi yang penting untuk otak anak, informasi yang sangat menarik untuk orang tua . Setiap orang tua pasti berharap anak-anak mereka tumbuh dan berkembang dengan baik. Oleh karena itu setiap orang tua harus memberikan makanan bernutrisi tinggi untuk mengoptimalkan pertumbuhan anak terutama otak mereka.

Ilmuwan dan ahli gizi percaya bahwa makanan yang anak Anda makan dapat secara langsung mempengaruhi cara kerja otak anak. Anak dapat meningkatkan kecerdasan kecerdasan (IQ), memfokuskan konsentrasi, dan mempertajam memori.

Keadaan tubuh yang kita miliki merupakan sesuatu yang telah kita makan. Dr Ang Poon Liat, konsultan senior dokter anak di Pediatric Centre di Thomson Medical Center, mengatakan bahwa tubuh seseorang dipengaruhi oleh 20 persen gen dan 80 persen makanan.Selain air susu ibu , yang telah terbukti meningkatkan IQ bayi dan anak-anak, makanan yang Anda berikan kepada mereka juga dapat menentukan potensi akademis mereka.

Dr Ang mengidentifikasi delapan makanan otak yang harus menjadi bagian dari makanan anak Anda. Dan yang pasti, ini adalah makanan yang akan bermanfaat bagi Anda dan keluarga sepanjang hidup.

Ikan

Ikan sebagai makanan nutrisi tinggi untuk otak.Makanan bernutrisi tinggi penting untuk otak anak yang pertama yaitu ikan.
Mengapa: Ikan seperti salmon, sarden dan ikan kod adalah sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik, yang penting untuk pertumbuhan dan fungsi otak.

Dr Ang mengatakan: Bukan hanya salmon, semua jenis ikan bagus. Anda bahkan dapat memberikan minyak ikan cod pada anak anda, yang kaya akan vitamin A, untuk melengkapi makanan mereka. Otak manusia adalah 60 persen lemak, jadi ikan adalah sumber yang bagus untuk itu.

Telur

Telur mengandung nutrisi tinggi untuk otak anak.Telur menjadi referensi makanan dengan nutrisi tinggi yang penting untuk otak anak.
Mengapa: Selain menjadi sumber protein yang tinggi, kuning telur juga memiliki jumlah kolin yang tinggi. Nutrisi dalam keluarga vitamin B yang membantu dalam pengembangan memori.

Dr Ang mengatakan: Cara terbaik untuk mengkonsumsi telur adalah rebus setengah masak. Menggoreng atau merebusnya keras akan menghancurkan proteinnya.

Kacang

Kacang almond bernutrisi tinggi penting untuk otak.Kacang-kacangan menjadi referensi makanan bernutrisi tinggi yang penting untuk otak anak. Penting untuk diketahui setiap orang tua.

Mengapa: Bahan makanan yang satu ini menyediakan vitamin E dan juga sumber antioksidan yang melindungi sel-sel sel otak dari radikal bebas.

Dr Ang mengatakan: Macadamia dan almond sangat direkomendasikan. Kacang tanah kurang ideal karena sering menimbulkan reaksi alergi.

Sayuran warna warni

Mengapa: Sayuran yang berwarna-warni menyediakan antioksidan tingkat tinggi yang menjaga sel-sel otak kuat dan sehat.

Bijiran Penuh

Mengapa: Memberikan pelepasan glukosa bertahap yang dibutuhkan otak untuk berfungsi karena serat yang mengatur pelepasannya. Makanan ini juga mengandung Vitamin B yang diperlukan tubuh.

Dr Ang mengatakan: Proses pelepasan glukosa yang lebih lambat mencegah perubahan glukosa – proses di mana seorang anak diberi energi dan kemudian dengan cepat menjadi lelah. Perubahan suasana hati ini tidak sehat untuk anak.

Berry

Buah berry bernutrisi tinggi penting untuk otak.Mengapa: Tingkat antioksidan yang tinggi, seperti vitamin C, yang dapat membantu mencegah kanker. Beberapa penelitian juga menunjukkan peningkatan memori.

Dr Ang mengatakan: Buah-buahan terbaik adalah buah beri. Stroberi, blueberry, raspberry, blackberry, dan bahkan ceri. Jenis buah-buhan ini memang kurang manis karena kandungan gula yang sedikit dalam buah-buahan tersebut. Dan yang penting lagi keluarga buah berry memiliki nilai antioksidan yang sangat tinggi. 

Namun tidak hanya buah berry, buah-buahan lainnya juga bermanfaat bagi tubuh, apalagi manfaat buah bagi kesehatan kulit. Jadi mengonsumsi buah dapat membuat tubuh menjadi sehat. 

Kacang

Kacang bernutrisi tinggi penting untuk otak.Mengapa: Kacang memberikan energi dari protein ke karbohidrat kompleks yang merupakan makanan otak yang baik. Protein dibutuhkan untuk mensintesis asam nukleat sel-sel otak.


Dr Ang berkata: Kacang hijau dan kacang merah adalah yang terbaik. Cara terbaik mengkonsumsi kacang kedelai adalah mengkonsumsi produk kedelai yang difermentasi.

Yogurt

Mengapa: Yoghurt merupakan sumber protein dan vitamin B dan D yang baik, yang sangat penting untuk pertumbuhan jaringan otak dan saraf.

Dr Ang mengatakan: Yogurt lebih baik daripada susu karena makanan semi-padat adalah pilihan yang lebih baik untuk anak yang sedang tumbuh. Kelebihan lain dari yohurt ialah, karena proses pembuatannya difermentasi. Yoghurt juga lebih mudah dicerna dalam sistem metabolisme anak.

Penutup

Demikian beberapa referensi makanan bernutrisi tinggi yang tepat untuk memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangan otak anak anda. Seperti yang selalu dikatakan Dr. Ang Poon Liat “Otak kita adalah hasil dari apa yang kita makan”.

Jadi selektiflah dalam memilih makanan untuk anak-anak kita, karena mereka adalah generasi penerus bangsa. Sayangi anak-anak anda dengan memberikan makanan bernutisi tinggi yang tepat untuk otak anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No Related Post