7 Arti Gerakan Bayi Dalam Kandungan Secara Medis

Ibu hamil wajib mengetahui betapa pentingnya mengenal dan memperhatikan makna gerakan bayi dalam kandungan. Pasalnya, dalam dunia medis, kondisi ini menunjukkan hal-hal tertentu. Bahkan bisa menjadi salah satu cara untuk mengetahui apakah bayi tumbuh normal atau tidak di dalam kandungan.

Setidaknya ada 7 arti gerakan bayi dalam kandungan menurut medis. Bahkan, gerakan bayi atau janin dalam kandungan juga menandakan bahwa dia tumbuh sehat dan kuat. Berikut arti-artinya:

7 Arti Gerakan Bayi Dalam Kandungan Secara Medis

  1. Menandakan Tempat Janin yang Semakin Sempit

Jelang trimester atau kehamilan akhir, biasanya gerakan janin akan terasa semakin sakit. Hal itu dikarenakan, tempatnya di dalam rahim yang semakin sempit karena tubuh bayi yang semakin besar.

Ukuran bayi yang semakin membesar akan membuat posisinya berubah-ubah. Tujuannya yaitu agar janin menemukan posisi nyaman ketika di dalam kandungan.

  1. Sebagai Respon Terhadap Lingkungan Luar

Di dalam kandungan, janin biasanya sudah bisa merasakan atau mendengar dunia luar. Meskipun hal tersebut mereka rasakan secara samar-samar. Itulah kenapa, orangtua bisa memutar atau memainkan musik meskipun janin masih di dalam kandungan. Pasalnya, mereka bisa mendengarkannya.

  1. Janin Sedang Mengalami Perkembangan

Tendangan atau gerakan bayi juga menjadi tanda bahwa mereka sudah berkembang semakin kuat. Karena untuk bisa menendang, janin memerlukan tenaga yang cukup kuat hingga ibu hamil bisa merasakannya.

Semakin tua usianya di dalam kandungan, gerakannya pun akan semakin intens dan juga kuat.

  1. Bayi Sedang Terjaga

Janin dalam rahim juga ada waktunya mereka tertidur, dan ada juga saatnya mereka terbangun. Gerakan adalah salah satu pertanda bahwa mereka sedang terjaga. Ketika adanya gerakan, bunda bisa memainkan musik khusus untuk bayi yang masih dalam kandungan.

Selain musik, ibu hamil juga bisa mengajak janin berbicara. Pasalnya, mereka sudah bisa mendengarkan dunia luar meskipun masih belum sempurna.

  1. Gerakan Akan Semakin Intens di Malam Hari

Tendangan atau gerakan bayi di dalam kandungan akan semakin intens terjadi di malam hari. Di siang hari, bayi akan terasa seperti diayun-ayun karena ibu hamil yang sering bergerak. Itulah alasannya kenapa bayi akan sering tidur jika di siang hari.

Sedangkan di malam hari, ibu hamil cenderung tidak banyak bergerak. Nah, di saat inilah bayi dalam kandungan biasanya aktif bergerak.

  1. Janin Baru Selesai Makan

Di dalam kandungan, janin juga melakukan aktivitas makan. Mereka akan mengonsumsi makanan yang dimakan oleh ibunya. Itulah salah satu hal yang menjadi alasan kenapa ibu hamil harus mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung nutrisi lengkap dan bagus untuk kesehatan ibu hamil dan janin.

Makanan sehat akan memberikan ekstra energi untuk bayi di dalam kandungan. Semakin bagus pertumbuhannya, biasanya daya tendangnya pun akan semakin keras.

  1. Tendangan Semakin Kencang Saat Berbaring ke Kiri

Posisi berbaring juga dapat menentukan seberapa kencang gerakan bayi dalam rahim. Contohnya saat ibu hamil berbaring ke arah kiri. Posisi ini dapat menyebabkan suplai darah ke rahim menjadi meningkat.

Meningkatnya suplai darah pada rahim dapat menyebabkan si kecil lebih aktif di dalam kandungan.

Kesimpulan

Gerakan atau tendangan janin di dalam kandungan menjadi sebuah pertanda yang positif. Itu artinya pertumbuhan dan perkembangan mereka optimal. Jika tidak ada gerakan, sebaiknya segera kunjungi dan berkonsultasi pada dokter kandungan untuk melakukan pengecekan.

Itulah 7 tanda gerakan bayi dalam kandungan yang memiliki makna sangat penting bagi ibu hamil. Bahkan gerakan janin juga menjadi pertanda baik secara medis. Perhatikanlah gerakannya agar Anda bisa mengetahui perkembangannya dalam kandungan.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *